Anda hobi membaca dan mengoleksi buku? Mengapa tidak mencoba membuat perpustakan pribadi di rumah Anda sendiri? Hal ini tentu bisa membuka kebiasaan baik untuk anggota keluarga yang lain.

Secara tidak langsung dengan adanya perpusatakaan pribadi di rumah, anggota keluarga yang lain akan turut terbiasa membaca. Membaca buku tentu kebiasaan yang baik karena buku adalah jendela dunia. Banyak membaca juga bisa mempengaruhi tingkat intelektual seseorang. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips berikut sebelum Anda memutuskan membuat perpustakaan di rumah :

  • Ruangan Nyaman
    Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bakal ruangan cukup nyaman digunakan sebagai perpustakaan. Kenyamanan bisa dihadirkan dengan adanya sistem sirkulasi udara yang baik.Atur segala perabot yang ada supaya tidak menutup sirkulasi udara dan maksimalkan cahaya yang masuk dalam ruangan. Ruangan tidak harus ruang khusus. Jika ruangan terbatas, Anda tetap bisa menggunakan ruang kosong yang ada meski hanya dibatasi dengan sekat rendah. Kenyamanan ruang bisa Anda bangun dengan konsep yang unik.
  • Konsep Unik
    Perpustakaan Anda memang tidak harus memiliki ruang khusus sendiri. Cukup manfaatkan ruangan yang ada. Buat konsep unik untuk menutup kekurangan yang ada. Misalnya, dengan ruangan yang terbuka, Anda bisa mengembangan konsep library yang menyatu dengan alam. Pastinya konsep ini akan menjadi konsep yang cukup unik. Ruang perpustakaan mini Anda pun tidak terkesan terkurung dan tertutup.
  • Penerangan Cukup
    Salah satu hal penting yang tidak boleh terlupakan adalah penerangan. Penerangan di ruang perpustakaan Anda harus memadai. Hal ini karena cahaya yang redup tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Anda bisa menggunakan lampu yang diletakkan tepat di belakang Anda saat membaca. Cara ini cukup efektif agar mata tidak cepat lelah.
  • Penataan Buku Tepat
    Letakkan dan atur buku dengan tepat di dalam rak buku. Posisikan rak di lokasi yang benar yakni menempel pada dinding dan kerapatannya cukup. Hal ini bertujuan supaya udara tetap bisa mengalir di antara celah rak dan dinding. Tentunya ini baik supaya kelembaban buku tetap terjaga. Anda bisa menggunakan pendingin ruang yang pastinya akan membuat Anda merasa makin betah dan nyaman berlama-lama membaca.

Mau merenovasi RUMAH TINGGAL, bisa konsultasi free via BBm/ email.

mau berkonsultasi tentang BANGUN RUMAH dari Nol, bisa konsultasi via BBm/email.

hunting properti di DEPOK, yang pas dengan kantong, bisa dibantu. silahkan konsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *