Rumah minimalis kini terus menjadi tren tanpa henti. Tak hanya area interior yang ditampilkan minimalis, area eksterior seperti taman, teras, kolam juga bisa dibuat dengan tren minimalis tersebut. Seperti halnya teras tak hanya sebagai ruangan yang meperindah taman rumah namun dapat digunakan sebagai tempat relaksasi penghuni rumah. Secara umum, teras merupakan bagian rumah yang berfungsi sebagai penghubung antara lingkungan luar taman dan dalam rumah. Seperti halnya interior, eksterior rumah juga memiliki ruangann yang terbentuk seperti pada teras. Taman sebagai area luar rumah merupakan pendamping teras yang juga berada di depan rumah.

Teras juga memiliki lantai. Bahan dasarnya bisa sangat fleksibel, baik itu menggunakan kayu, keramik, atau batu-batu alam dengan tekstur yang kasar. Tekstur kasar tentu dibutuhkan untuk mencegah slip saat teras basah oleh hujan. Untuk area yang menghadap ke ruang luar atau taman, sebaiknya tidak perlu ditempatkan dinding, terlebih yang massif. Penambahan railing kayu (langkan), dinding rendah dari semen (birai) atau balusterade sebagai pembatas dengan area taman harus selaras dengan teras secara keseluruhan. Namun, harus diperhatikan keberadaan langkan akan menambah cantik atau malah justruk membuat sesak ruang tersebut.

Keberadaan atap juga menjadi penting, karena atap merupakan penaung teras dari terpaan panas matahari maupum siraman air hujan. Untuk segi pemilihan warna, putih pada teras akan menciptakan suasana teras tampak segar, rapih, dan bersih. Sedangkan, warna hitam mampu memunculokan suasana hangat, berkarakter, dan elegan. Sehingga sangat pas bila Anda padukan untuk memberi sentuhan kenyamanan di teras rumah.

Baiknya sebagai warna utama atau warna dasar, putih bisa dijadikan pilihan. Namun tak menutup kemungkinan untuk Anda jika ingin memadukan warna menyesuaikan unsur alam ataupun hijaunya taman. Jadi, teras wajib diperhatikan dengan membuat desain menarik agar rumah juga memberi kesan yang indah. Jika teras canti, bisa dipastikan acara menyambut tamu terasa menyenangkan. Sedikit tips tambahan untuk Anda, memodifikasi atap berupa kolom dapat memperbaiki kualitas teras. Dengan dilapisi batu alam atau dikombinasikan dengan cat, sehingga tercipta penampilan teras yang indah. Selamat mencoba dan berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *