Menurut UU No.1 Tahun 2012 mengenai Perumahan dan Kawasan Permukiman, pemerintah daerah berkewajiban menyediakan rumah rakyat. Sementara kenyataannya kini pemerintah mengandalkan pengembang untuk memasok rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Namun, insentif bagi para pengembang untuk pembangunan rumah murah tergolong lemah.

Menurut Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian menyatakan,”Sektor properti yang sedang booming ini perlu kita dorong, tapi jangan sampai masyarakat kita yang paling butuh perumahan menjadi tak mampu menjangkaunya.” Meski begitu Hatta juga menegaskan bahwa kepentingan investasi adalah hal yang sah saja.

Sementara di lain hal, Wakil Ketua Real Estate Indonesia, Djoko Slamet Utomo mengakui kenaikan harga rumah tidak terkejar oleh kenaikan daya beli masyarakat. Proyek rumah murah dan bersubsidi terganjal ketersediaan lahan dan infrastruktur dari pemerintah, proses perizinan yang berbelit, dan tata ruang yang di nilai semrawut.

Djan Faridz, Menteri Perumahan Rakyat menilai wajar kenaikan harga rumah tinggi di sejumlah wilayah karena tren pertumbuhan properti,”Gap perumahan terjadi karena pembeli masih mau membeli dengan harga tinggi dan kemampuan membeli ada. Pengembang lebih tertarik menggarap segmen ini,” Ungkapnya.

Jadi, sebenarnya lagi-lagi adalah tidak adanya kesadaran pemerintah setempat untuk membantu menyediakan hunian untuk warga nya sendiri. Semua menyerahkan nasibnya pada masing-masing, akhirnya yang terjadi kesenjangan sosial yang cukup besar. Developer hanya salahsatu tenaga penyedia, bukan satu-satunya orang yang diandalkan untuk menyediakan hunian dari kelas bawah – atas.

Kita sebagai pembeli, juga harus sadar bahwa rumah subsidi itu harus untuk warga yang dapat subsidi. Jangan mengambil yang seharusnya bukan bagiannya. Jika ingin investasi, silahkan cari hunian kelas menengah dengan harga 200 juta – 400 juta berlokasi strategis di daerah tersebut. Misalnya kalau di jabodetabek adalah yang dekat Terminal, Stasiun, Busway, Mall, atau Generator Aktivity lainya. Mudah disewakan dan mudah untuk dijual lagi.

Jika ingin investasi dengan harga Milyaran, idealnya berada di lokasi Premium di daerah tersebut. Jangan salah memilih lokasi (bukan premium), lalu dibangun rumah mewah untuk investasi. Alih-alih laku cepat dijual mahal, malah sulit untuk laku.

Selamat berinvestasi…

Punya Join income 8 Juta, beli rumah di green kepayon. 15 menit stasiun depok, klik disini

Bikin Perencanaan Perumahan dengan mudah, klik disini

Bangun Rumah Pribadi, dengan Spesifikasi sesuai Budget? klik disini

Renovasi Rumah Pribadi, jadi berbagai bentuk dan sesuai Budget? klik disini

Bikin Paket KitchenSet, hanya 9Juta an siap pakai, klik disini

Mau ngintip beberapa interior milik teman-teman, klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *