Seberapa Penting Peran Jasa Arsitek Rumah

Harga jasa arsitek rumah untuk sebagian orang mungkin masih terbilang mahal sehingga mereka masih bimbang untuk menggunakan jasa tersebut. Padahal, bila Anda membangun rumah, mencari tukang, memilih material hingga menghitung anggaran biaya sendiri tentu akan lebih sulit. Hal ini disebabkan oleh minimnya pengalaman dan keahlian dalam hal proyek pembangunan.

Menggunakan jasa arsitek yang lebih berpengalaman tentu akan membuat proyek atau pekerjaan pembangunan Anda menjadi lebih mudah. Selain itu, masih banyak keuntungan atau peran penting jasa arsitek dalam menyukseskan proyek pembangunan Anda. Selanjutnya, akan dibahas lebih detail di bawah ini.

Peran Penting Jasa Arsitek Profesional

Saat hendak membangun rumah impian, Anda pasti sudah memiliki bayangan kira-kira ingin punya rumah yang seperti apa. Namun, apakah yang ada di dalam bayangan Anda sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget? Nah, jawaban selengkapnya ada di bawah ini:

  1. Arsitek adalah Ahli Desain dan Bangunan

Pertanyaan di atas sepertinya perlu dijawab oleh ahlinya yaitu sang arsitek yang lebih tahu tentang ilmu desain. Arsitek berperan penting dalam mendesain rumah/bangunan yang bukan hanya bagus dipandang mata tetapi juga memiliki nilai fungsi yang sesuai. Dalam menciptakan desain, arsitek akan menganalisa masalah terlebih dahulu, melihat kebutuhan pengguna dan lain sebagainya.

Setelah itu, tugas arsitek adalah membuat desain yang fungsional dan juga sesuai dengan kebutuhan pengguna. Arsitek juga harus memperhatikan dari segi kemudahan mobilitas dalam setiap aktivitas pengguna di dalam rumah. Faktor kenyamanan dan kesehatan juga menjadi fokus utama, misalnya keberadaan ventilasi dan jendela untuk ruang masuk cahaya yang tepat.

  1. Arsitek Mampu Membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Salah satu keuntungan utama jika Anda menggunakan jasa arsitek berpengalaman adalah adanya RAB (Rencana Anggaran Biaya). RAB ini sangat berguna untuk proyek pembangunan sehingga bisa mengetahui budget yang harus dikeluarkan. Dengan RAB, Anda juga bisa menyesuaikan pengeluaran dengan batas budget yang dimiliki.

Misalnya jika RAB lebih besar dari budget, maka bisa diatur dengan mengganti material tertentu, lalu bisa dihitung kembali totalnya. Dengan demikian, pembangunan tidak akan terhenti di tengah jalan karena sudah ada rencana budget dan pengeluaran yang jelas.

  1. Hubungan Baik Arsitek, Tukang dan Toko Bangunan

Peranan lainnya adalah hubungan arsitek dengan tukang dan toko bangunan. Biasanya, arsitek sudah memiliki langganan tukang untuk proses pelaksanaan proyek dan toko bangunan untuk suplai material.

Nah, di sini akan terlihat perbedaannya jika Anda melakukannya sendiri, belum tentu mendapat tukang yang kerjanya bagus dan bisa dipercaya. Selain itu, untuk urusan material/bahan bangunan tentu arsitek juga lebih paham mana yang bagus dan cocok untuk diaplikasikan pada bangunan Anda.

  1. Arsitek Menjamin Konstruksi Rumah Aman

Arsitek adalah tenaga profesional yang sudah belajar di bangku pendidikan perkuliahan. Secara materi atau ilmu dasarnya mereka lebih ahli dan lebih tahu mengenai ilmu konstruksi bangunan. Selain itu, jika terjadi masalah konstruksi yang ganjal, arsitek juga bisa disalahkan dan dihukum sehingga mereka tidak mungkin main-main.

  1. Arsitek Berperan Sebagai Konsultan

Jasa arsitek rumah juga berperan sebagai konsultan pribadi dan Anda bisa menanyakan apapun tentang desain rumah impian Anda. Komunikasi yang baik antara penyedia jasa arsitek dengan Anda sebagai klien juga sangat diperlukan untuk kelancaran proyek.

  1. Arsitek Berperan Sebagai Pengawas

Saat proyek pembangunan berlangsung, arsitek juga memiliki peran sebagai pengawas dan memastikan pembangunan berjalan lancar dan sesuai dengan rancangan desain. Anda hanya perlu melakukan pengawasan sesekali dan melakukan koordinasi dengan arsitek sehingga pekerjaan Anda akan lebih mudah.

Kesimpulannya, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan jasa arsitek untuk proyek pembangunan, antara lain:

  • Desain yang dihasilkan akan lebih bagus, nyaman, dan fungsional karena dikerjakan oleh ahlinya
  • Desain yang dihasilkan akan sesuai dengan kebutuhan pengguna
  • Proyek akan berjalan lancar karena desain bisa disesuaikan dengan budget melalui RAB (Rencana Anggaran Biaya)
  • Proyek akan selesai pada waktunya sesuai dengan rencana pembangunan yang dibuat dan diawasi langsung oleh jasa arsitek
  • Mendapat tukang yang profesional dan sudah berpengalaman mengerjakan proyek dengan jasa arsitek yang bersangkutan
  • Mendapat material/bahan bangunan yang bagus dan berkualitas karena arsitek akan membantu memilih dan menentukan material atau supplier nya
  • Konstruksi bangunan dijamin aman karena ditangani oleh ahlinya

Berapa Harga atau Tarif Jasa Arsitek?

tips mencari jasa arsitek profesional serta berpengalaman

Biaya bangun rumah semakin lama semakin meningkat, hal ini juga dipicu oleh harga material yang semakin naik. Lalu bagaimana dengan harga atau tarif jasa arsitek? Tarif jasa arsitek itu sendiri dipengaruhi oleh banyak hal seperti reputasi, pengalaman, lokasi proyek, kategori proyek dan lain sebagainya. Sedangkan cara hitung tarif jasa arsitek dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Tarif Jasa Arsitek per Meter

Harga penyedia jasa arsitek umumnya dihitung per meter persegi dan tarif satu arsitek dengan arsitek yang lain tidak sama. Arsitek yang lebih senior biasanya mematok harga yang lebih mahal per meter perseginya dibandingkan arsitek junior. Selain itu, tarif jasa arsitek rumah di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan lainnya juga lebih mahal daripada di kota kecil. Tarif tersebut dimulai dari 100 ribu hingga jutaan rupiah.

  1. Tarif Jasa Arsitek dengan Persentase RAB

Sedangkan jika menggunakan persentase RAB, tarifnya lebih merata dan berlaku secara umum. Tarif jasa arsitek ini diatur pada aturan yang dibuat oleh lembaga IAI (Ikatan Arsitek Indonesia). Tarif jasa disesuaikan dengan kategori proyek yang dikerjakan ada kategori 1, 2, 3 dan lainnya.

Cara Memilih Arsitek yang Profesional

jasa arsitek rumah profesional

Penyedia jasa arsitek rumah di Jakarta ataupun di kota-kota lainnya sudah banyak dan beragam. Anda bisa dengan mudah mencari dan memilih jasa arsitek yang diinginkan. Namun, bagi klien yang masih baru dan belum pernah bekerja sama dengan jasa arsitek pasti khawatir salah pilih. Nah, di bawah ini ada beberapa tips memilih jasa arsitek yang profesional, berpengalaman dan terpercaya, antara lain:

  • Pertama, cari tahu reputasi jasa arsitek yang ingin Anda ajak kerja sama, bisa melalui website atau media sosialnya
  • Kemudian, jangan lupa untuk melihat kolom komentar atau testimoni dari pelanggan atau klien sebelumnya
  • Saat mengunjungi website jasa arsitek, cobalah untuk melihat-lihat hasil karya/portfolio desain, apakah sesuai dengan proyek yang akan Anda kerjakan
  • Cari tau atau tanyakan mengenai sistem kontrak dan pembayaran penyedia jasa arsitek tersebut
  • Jika sudah menemukan beberapa pilihan, cobalah untuk berkomunikasi dan bangun chemistry sehingga Anda tahu mana yang lebih memahami keinginan Anda

Itulah beberapa peran arsitek dan keuntungan-keuntungan yang didapat jika menggunakan jasa arsitek. Penjelasan di atas juga membahas mengenai harga dan tips memilih arsitek profesional. Nah, jika Anda sedang mencari penyedia jasa arsitek rumah profesional dan terpercaya silahkan menghubungi nomor 085729504781. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *