Tak sedikit orang saat ini yang memiliki kartu kredit. Bahkan mereka bisa memiliki lebih dari satu dan dua. Kartu kredit memang dapat mempermudah Anda saat berbelanja, dan memiliki efisiensi yang cukup besar bila dipergunakan dengan baik. Namun, sebagian besar orang justru menyalahgunakannya. Ini yang membuat mereka terlibat utang. Jika ingin lebih bijaksana dengan uang Anda, sebaiknya berhentilah menggunakan kartu kredit. Simak alasannya di sini, seperti dikutip dari situs All Women Stalk.

1. Mengurangi Pengeluaran
Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika memiliki kartu kredit, pengeluaran Anda menjadi lebih tak terkontrol. Sebab kartu kredit ini bisa membuat Anda lebih mudah mengeluarkan uang, tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Apabila tidak memakai kartu kredit, Anda bisa mengurangi pengeluaran secara lebih bijaksana.

2. Mudah Menyusun Anggaran Bulanan
Salah satu alasan yang baik untuk berhenti menggunakan kartu kredit yaitu untuk mempermudah menyusun anggaran bulanan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melacak aliran uang yang telah dikeluarkan selama satu bulan. Sehing nantinya Anda tak perlu takut lagi kehabisan uang di tengah-tengah bulan.

3. Mengurangi Utang
Memiliki utang bisa berdampak buruk bagi kondisi keuangan Anda. Bahkan, ini juga mempersulit Anda memiliki uang tambahan yang bisa ditabung. Jika tidak memakai kartu kredit lagi, maka Anda dapat menempatkan uang selama satu bulan untuk hal-hal yang penting dan dibutuhkan.

4. Mengurangi Risiko Pencurian Identitas
Seringkali orang melakukan pencurian identitas lewat kartu kredit. Tak heran bila banyak pengguna kartu kredit yang mengeluh karena tiba-tiba tagihannya membengkak, padahal selama ini mereka merasa tidak menggunakannya. Dengan berhenti menggunakan kartu kredit, maka Anda bisa mengurangi risiko pencurian identitas.

5. Stop Gila Belanja
Memiliki kartu kredit, membuat penggunanya menjadi gila belanja. Tanpa sadar, mereka akan terus berbelanja dengan memakai kartu kredit. Padahal belum tentu apa yang dibelanjakan tersebut merupakan barang yang penting atau dibutuhkan. Inilah yang dapat memperburuk kondisi keuangan Anda.

6. Tidak Akan Ketergantungan Kartu Kredit
Pemilik kartu kredit tidak akan mendapatkan kebebasan finansial. Mereka akan sangat bergantung pada kartu kredit dan dikendalikan oleh pihak bank. Jika Anda stop menggunakan kartu kredit, maka tidak akan ketergantungan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *