Aman dan nyaman adalah dua unsur yang harus ada di dalam rumah. Namun sayangnya beberapa orang sering menyepelekan unsur tersebut. Seperti misalnya menganggap masalah seputar rumah dapat ditangani sendiri tanpa bantuan dari tenaga profesional dengan alasan menghemat pengeluaran, padahal penanganan masalah yang tidak profesional dapat membuat Anda harus mengeluarkan biaya lebih bahkan bisa menimbulkan bahaya.

Maka tidak ada salahnya untuk mulai mengevaluasi tindakan Anda terhadap aset hunian ini. Yuk, simak asumsi yang keliru seputar masalah di rumah yang sering terjadi.

  • Segala Sesuatu Bisa Dibuat, Dikerjakan dan Dipasang Sendiri
    Jangan lakukan segala sesuatunya yang membutuhkan keahlian profesional sendiri kecuali Anda adalah seorang ahli perumahan, kayu, listrik, dan sebagainya.

    Misalnya untuk memasang instalasi listrik, air, atau konstruksi rumah, tanpa bantuan tangan profesional bisa-bisa pemasangan tersebut berakibat fatal dan menimbulkan berbagai macam masalah.

  • Menyepelekan Bahaya Kebakaran

    Sumber: mad-science.wonderhowto

    Resiko kebakaran sangat tinggi ditemui di area pemukiman padat penduduk. Kebakaran dapat menyebabkan kerugian material bahkan merenggut korban jiwa. Mulailah peka terhadap resiko kebakaran seperti memastikan tidak ada api yang menyala saat meninggalkan rumah atau menyediakan alat pemadam kebakaran yang diletakkan di ruang utama dan garasi. Bila perlu pasanglah alat pendeteksi kebakaran.

  • Menyepelekan Masalah Kecil

    Sumber: barnethomes

    Saluran air yang terhambat atau bocor seringkali dibiarkan oleh penghuni rumah, mungkin karena Anda berpikir bahwa air yang bocor hanya sedikit. Padahal jika dibiarkan terus-menerus, kebocoran tersebut akan menimbulkan kerugian besar. Segeralah lakukan perbaikan saat terjadi masalah, meskipun hanya masalah kecil.

  • Anggapan Keliru Tentang Penyaring Udara
    Banyak yang beranggapan bahwa alat penyaring udara yang mahal itu memiliki kualitas yang bagus. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa produk yang mahal tapi kualitasnya tidak sebanding. Oleh karena itu cermatlah pada saat memilih produk dan mintalah saran pada orang yang berpengalaman.
  • Tidak Menutup Celah Jendela dan Pintu dengan Rapat
    Jika Anda menggunakan AC, pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat dan tidak ada celah lainnya yang terbuka. Tujuannya adalah agar AC dapat bekerja dengan optimal dan tidak ada udara dingin yang keluar dari ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *