Hidup di kota besar dengan berbagai godaan belanja belanji, gaya hidup begono begini, dan pergaulan sana sini, semua akan berpengaruh pada kondisi finansialmu. Sudah kerja di perusahaan bonafit, Sudah punya gaji tetap, seolah hidup sudahlah lengkap dan nyaman. Tapi, apakah betul-betul nyaman? coba teliti lagi finansialmu, jangan-jangan kamu salah satu yang ada dibawah ini. (jangan sampai deh ya) ^.^

Namun, waspadai 4 ciri dibawah ini, yang jika Anda mengalaminya maka saya bisa katakan keuangan Anda sedang bermasalah.

  1. Lebih besar pasak daripada tiang. Setiap bulan, pengeluaran Anda selalu lebih besar dari pemasukan. Tidak ada masalah gaji tak bersisa di akhir bulan, asalkan seluruh pos pengeluaran termasuk investasi sudah kebagian jatahnya. Jika Anda selalu kehabisan uang sebelum tanggal gajian lagi, maka pengeluaran Anda pasti kurang terkendali.
  2. Lebih banyak utang daripada aset. Apabila dibuat daftarnya, nilai utang Anda lebih besar daripada aset. Meski Anda punya rumah tinggal dan kendaraan, tetapi jika nilai pinjaman plus utang-utang kartu kredit lainnya lebih besar, maka Anda banyak membeli barang atau makanan diluar kemampuan.
  3. Tidak tahu kemana saja larinya penghasilan. Setiap bulan, penghasilan terpakai untuk pengeluaran tanpa catatan yang jelas, dan Anda tidak mengetahui untuk pos-pos pengeluaran apa saja penghasilan itu digunakan.
  4. Tidak punya dana darurat. Bukan hanya tidak punya sisa penghasilan, Anda juga tidak puya dana cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu apabila terjadi musibah.

Jadi, apakah keuangan Anda bermasalah?

 

PUNYA IMPIAN UNTUK PUNYA KOST-KOSTAN, TAPI DANA MASIH TERBATAS. YUK KITA WUJUDKAN BERSAMA disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *